CARA MENGELOLA PERPUSTAKAAN
Untuk menciptakan suatu perpustakaan yang terkelola
dengan baik mungkin terasa sulit jika perpustakaan itu mempunyai fasilitas yang
cukup banyak. Kata pemeliharaan mungkin diidentikkan dengan dana. Tidak ada
yang salah dari hal tersebut karena faktanya untuk menciptakan perpustakaan
yang terkelola dengan baik diperlukan dana yang tidak sedikit. Perpustakaan
idaman dapat diciptakan tergantung bagaimana pengelolaannya agar disukai dan
dicintai masyarakat.
a. Pengunjung dengan
sistem keanggotaan
Untuk menjaga keamanan agar tidak sembarang orang bisa
masuk kedalam perpustakaan dan melakukan peminjaman harus dilakukan dengan
sistem keanggotaan, yaitu hanya anggota yang terdaftar yang bisa masuk. Untuk
pengunjung yang ingin masuk di wajibkan untuk mendaftar agar para pengunjung
lebih terorganisir. Biaya pemeliharaan dapat diambil dari iuran anggota secara
rutin. Iuran dapat ditetapkan sesuai dengan kualitas perpustakaan, Jika
perpustakaan menarik, maka anggota akan semakin banyak dan dana untuk
pemeliharaan akan semakin besar. Dengan demikian diharapkan perpustakaan akan
semakin maju.
b. Empat “K”
Ada empat faktor yang perlu diperhatikan dalam menjaga
kenyamanan para pengunjung perpustakaan. Kebersihan, Keindahan,
Kerapian dan Ketertiban. Keempat aspek tersebut harus dijaga dan dipelihara
secara rutin untuk menjaga kenyamanan para pengunjung.
c. Pengelola
Interaktif
Pengelola perpustakaan merupakan orang-orang yang
ramah dan cakap. Terampil dalam pekerjaannya. Pengelola yang baik adalah
orang-orang yang interaktif terhadap pengunjungnya, dapat berdialog dengan
pengujung dan memberikan layanan yang maksimal menjadi keunggulan tersendiri
bagi sebuah perpustakaan idaman. Penampilan para pengelola perpustakaan yang
unik dan menarik juga dapat menarik minat pengunjung dan meningkatkan kualitas
perpustakaan, misalnya penyediaan seragam untuk para pengelola atau Pengelola
perpustakaan yang memakai pakaian-pakaian yang unik seperti batik, atau baju
daerah dapat menarik atensi masyarakat untuk datang.
d. Publikasi
Perpustakaan yang baik dengan fasilitas yang lengkap
tidak cukup untuk menarik banyak pengunjung jika dikelola tanpa publikasi.
Publikasi sangat penting untuk menginformasikan kepada masyarakat luas tentang
kelebihan dan keistimewaan dari perpustakaan. Publikasi dapat dilakukan melalui
:
v
Media Cetak dan Elektronik
v
Spanduk atau Baliho menarik
v
Kegiatan-kegiatan Sosial, dll.
Dalam publikasi pada era sekarang tidak cukup hanya
dengan mengatakan slogan-slogan kuno seperti “kunjungi perpustakaan agar
tambah wawasan” atau “perpustakaan gudang pengetahuan”.
Publikasi sekarang perlu di tekankan kepada keunggulan-keunggulan sebuah perpustakaan
seperti fasilitas hotspot, ruangan diskusi, presentasi, atau ruangan ber-AC
mungkin, dsb. dan kemudahan dalam menjadi anggota dan kenyamanan perpustakaan
perlu dipublikasikan untuk menarik atensi masyarakat agar cinta perpustakaan.
masih banyak yang harus di sampaikan lebih dalam,,,
ReplyDelete