Tuesday, 12 June 2012

Cara Mengelola Perpustakaan





CARA MENGELOLA PERPUSTAKAAN
Untuk menciptakan suatu perpustakaan yang terkelola dengan baik mungkin terasa sulit jika perpustakaan itu mempunyai fasilitas yang cukup banyak. Kata pemeliharaan mungkin diidentikkan dengan dana. Tidak ada yang salah dari hal tersebut karena faktanya untuk menciptakan perpustakaan yang terkelola dengan baik diperlukan dana yang tidak sedikit. Perpustakaan idaman dapat diciptakan tergantung bagaimana pengelolaannya agar disukai dan dicintai masyarakat.
a. Pengunjung dengan sistem keanggotaan
Untuk menjaga keamanan agar tidak sembarang orang bisa masuk kedalam perpustakaan dan melakukan peminjaman harus dilakukan dengan sistem keanggotaan, yaitu hanya anggota yang terdaftar yang bisa masuk. Untuk pengunjung yang ingin masuk di wajibkan untuk mendaftar agar para pengunjung lebih terorganisir. Biaya pemeliharaan dapat diambil dari iuran anggota secara rutin. Iuran dapat ditetapkan sesuai dengan kualitas perpustakaan, Jika perpustakaan menarik, maka anggota akan semakin banyak dan dana untuk pemeliharaan akan semakin besar. Dengan demikian diharapkan perpustakaan akan semakin maju.
b. Empat “K”
Ada empat faktor yang perlu diperhatikan dalam menjaga kenyamanan para pengunjung perpustakaan. Kebersihan, Keindahan, Kerapian dan Ketertiban. Keempat aspek tersebut harus dijaga dan dipelihara secara rutin untuk menjaga kenyamanan para pengunjung.
c. Pengelola Interaktif
Pengelola perpustakaan merupakan orang-orang yang ramah dan cakap. Terampil dalam pekerjaannya. Pengelola yang baik adalah orang-orang yang interaktif terhadap pengunjungnya, dapat berdialog dengan pengujung dan memberikan layanan yang maksimal menjadi keunggulan tersendiri bagi sebuah perpustakaan idaman. Penampilan para pengelola perpustakaan yang unik dan menarik juga dapat menarik minat pengunjung dan meningkatkan kualitas perpustakaan, misalnya penyediaan seragam untuk para pengelola atau Pengelola perpustakaan yang memakai pakaian-pakaian yang unik seperti batik, atau baju daerah dapat menarik atensi masyarakat untuk datang.
d. Publikasi
Perpustakaan yang baik dengan fasilitas yang lengkap tidak cukup untuk menarik banyak pengunjung jika dikelola tanpa publikasi. Publikasi sangat penting untuk menginformasikan kepada masyarakat luas tentang kelebihan dan keistimewaan dari perpustakaan. Publikasi dapat dilakukan melalui :
v     Media Cetak dan Elektronik
v     Spanduk atau Baliho menarik
v     Kegiatan-kegiatan Sosial, dll.
Dalam publikasi pada era sekarang tidak cukup hanya dengan mengatakan slogan-slogan kuno seperti “kunjungi perpustakaan agar tambah wawasan” atau perpustakaan gudang pengetahuan. Publikasi sekarang perlu di tekankan kepada keunggulan-keunggulan sebuah perpustakaan seperti fasilitas hotspot, ruangan diskusi, presentasi, atau ruangan ber-AC mungkin, dsb. dan kemudahan dalam menjadi anggota dan kenyamanan perpustakaan perlu dipublikasikan untuk menarik atensi masyarakat agar cinta perpustakaan.

No comments:

Post a Comment