Monday 22 July 2013

LOOKOUT MOBILE SECURITY (aplikasi anti maling pada android)



Tips mengamankan ponsel android dari pencuri
Tips ini berawal dari coba-coba saya bermain dengan apai itu sistem keamanan. Pertama, saya adalah orang yang pesimis terhadap keamanan ponsel yang bisa diamankan dengan menggunakan aplikasi. Rasa pesimis saya tersebut mendorong untuk mencoba searching di internet dan saya mendapatkan informasi bahwa ada sebuah aplikasi sistem keamanan yang sangat direkomendasikan oleh para pengguna ponsel android lainnya. Aplikasi tersebut adalah LOOKOUT MOBILE SECURITY sebuah aplikasi keamanan yang berbasis di negara Amerika.
Aplikasi ini menawarkan sistem keamanan yang sangat hebat, dari informasi yang saya dapat, aplikasi ini disinyalir mampu mengirimkan wajah pencuri android kita yang hilang secara diam-diam. Hasil foto dari ponsel android kita akan langsung dikirim melalui email. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan mengirimkan lokasi dimana perangkat android kita berada dengan akurat. Sungguh luar biasa aplikasi ini. rasa kagum inilah yang mengawali saya untuk segera mendownload aplikasi ini di app store, FYI aplikasi ini gratis.
Setelah saya mendownload aplikasi ini, saya berusaha untuk menerapkan di perangkat android saya. Lama sekali saya berusaha untuk menerapkannya, mengikuti prosedur yang ada mulai dari memasukkan alamat email, membuat pasword, dan mencoba menerjemahkan bahasa inggrisnya seadanya. Akhirnya saya bisa bergabung di sistem keamanan ini. dan setelah saya mengaktifkan sistem keamanannya muncullah sesuatu yang tak terduga perangkat saya tiba-tiba langsung berubah tampilannya dan saya disuruh untuk memasukkan pasword yang berupa angka-angka. sebenarnya angka-angka ini telah muncul sebelumnya tapi saya mengabaikannya. berikut tampilan dari perangkat saya 
dan tampilan ini adalah tampilan yang muncul ketika perangkat android kita dicuri. tapi sayangnya tampilan ini muncul ketika yang memegang saya (miris). setelah saya mencoba mengacak-acak angka guna mengaktifkan ponsel saya dan berakhir pada kegagalan. tampilannya berubah menjadi seperti ini
sudah sangat bingung sekali saat tampilan ini muncul. harapan untuk bisa menggunakan perangkat android saya seakan sirna. bayangkan saja, kita mengaktifkan sistem keamanan dan kita lupa paswordnya. sayapun mencoba untuk membuka akun GMAIL saya. karena akun tersebut adalah akun yang saya daftarkan di sistem keamanan ini. setelah saya membuka akun GMAIL saya ternyata saya terkejut ketika membuka inbox dan terdapat pesan seperti berikut ini.
sungguh luar biasa, ternyata benar. aplikasi ini mengirimkan kepada saya berupa informasi yang dapat saya gunakan untuk melacak dimana perangkat android saya (berlaku kalau perangkat hilang). akan tetapi disini saya adalah yang disangka pencurinya karena foto yang ada di tampilan pesan selanjutnya adalah


di dalam pesan ini terdapat informasi berupa gambar yang terekam secara diam-diam melalui kamera depan perangkat android saya. dan setelah ada gambar ini, diharapkan pengguna yang kehilangan perangkatnya bisa mendapatkan informasi siapa pemegang perangkatnya. sekali lagi, saya adalah yang dikira pencurinya. setelah saya membuka informasi selanjutnya, saya di arahkan untuk memasuki situs berikut ini
memasuki situs ini, seakan harapan perangkat android saya dapat digunakan kembali langsung ada. saya sangat bersemangat untuk masuk ke situs ini. dan disini saya memilih pada laman personal. laman ini digunakan untuk mengetahui lebih lanjut dimana posisi perangkat android saya. dan di dalam laman ini menunya seperti berikut
dari sinilah saya memilih "find my devices" dengan harapan disana akan muncul pasword yang bisa digunakan untuk membuka perangkat saya. yah saya langsung membukanya dan hasilnya.
saya sangat kaget dan bersyukur, ternyata benar ada. sayapun bisa membuka kembali perangkat android saya dengan pasword yang telah tertera. sekali lagi aplikasi ini sangat luar biasa. selain bisa menemukan dimana lokasi perangkat kita, disini juga ada menu berupa "scream" berfungsi untuk membunyikan perangkat kita dari jarak jauh. dan saya membayangkan apabila pencuri kita tidak profesional maka ia akan kebingungan ketika perangkat curiannya bisa berbunyi sendiri. FYI bunyinya seperti sirine polisi. hee..


Alhamdulillah sekarang perangkat saya bisa saya gunakan kembali dan tentunya saya bisa menemukan perangkat saya kembali apabila hilang(semoga tidak hilang). dan selesailah tulisan saya saat ini, tulisan ini adalah curhatan dan sekaligus tips bagi pembaca apabila mengalami kejadian seperti saya(menggunakan aplikasi keamanan tapi lupa sandinya). semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment