Monday 15 July 2013

JALATUNDA (Pemandian Alami di Jatinom Klaten)

JALATUNDA (Pemandian Alami di Jatinom Klaten)
Berawal dari hobi, muncullah sebuah misi. Misi yang tercipta sewaktu liburan tiba. Misi itu adalah berenang di kolam renang alami di daerah saya. Memang aneh bila mendengarnya. Tak ada kesan spesial atau apapun dari misi saya ini. tapi sebuah perjalanan pasti akan membawa kisah sendiri.
Langsung saja. Jalatunda adalah pemandian yang berbentuk kolam renang ini terletak di daerah Jatinom, Klaten. Kolam renang yang konon dibangun oleh Belanda ini menyajikan keindahan alam yang berupa air kolam yang jernih dan segar. Air yang jernih dan segar ini disebabkan karena kolam di Pemandian Jalatunda airnya tidak dicampuri oleh penjernih air atau kaporit sebagaimana umumnya kolam renang. Bagian lantainyapun juga masih alami. Masih banyak batu dan pasir di dasar kolam. Batu dan pasir tersebut tentunya mampu menjadi filter alami untuk menjaga kejernihan air di Pemandian Jalatunda.
Tiket masuk untuk menikmati kesegaran alami air di Pemandian Jalatundapun cukup terjangkau, yakni sekitar tiga ribu rupiah saja. Namun yang disayangkan dari pengelola Pemandian Jalatunda ini adalah kurangnya fasilitas tempat duduk yang menyebabkan pengunjung memilih untuk duduk dibawah pohon-pohon gayam. Oh ya, yang menjadi khas dari Pemandian ini adalah pohon Gayam yang besar-besar. Pohon tersebut sudah sangat sulit sekali untuk ditemui khususnya di daerah kota.
Harapan saya menulis ini adalah pemerintah kota khususnya dinas pariwisata kabupaten Klaten untuk merawat dan mempromosikan Pemandian ini. karena apabila lebih terawat dan lebih dipromosikan, pemandian ini tidak akan kalah dengan pemandian OMAC di Cokro. Hal itu, tentu akan menambah pendapatan daerah kota Klaten karena akan mampu menarik banyak pengunjung. Karena sewaktu saya kesana dulu, pemandian ini sepi sekali pengunjung, bahkan hanya ada dua orang saja yang berenang di kolamnya.
Berikut akan saya sisipkan beberapa foto untuk memperjelas tulisan saya.
 

maaf ada sedikit iklan
 bagian dalam kolam (sayangnya pas sepi)

sekian postingan dari saya. Terimakasih

BY: Indrastomo

No comments:

Post a Comment